Basmalah

Basmalah
Bacalah blog ini dengan membacanya terlebih dulu..syukron :-)

Saturday, February 13, 2010

CONTOH PIDATO

Temam-teman semua,,, lama ya kita tak juma?? Apa kabarnya ya?? Semiga tetap dalam lindungan Allah SWT. Amin
Sobat, beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas untuk membuat pidato, kayak gini nih jadinya, daya sampaikan dibawah, semoga bias bermanfaat untuk sobat semua, ok!

Assalamu’alaikum Wr. Wb


Kepada ibu Ratna selaku Guru Bahasa Indonesia yang saya hormati,
Dan kepada teman – teman semua yang berahagia.

Sebelumnya marilah kita haturkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayah dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul di majelis ini dalam keadaan sehat wal’afiat tanpa ada aral suatu apapun. Amin
Kemudian tak lupa shalawat serta salam tetap tercurahkan kepaa junjungan kita nabi agung, nabi besar nabi Muhammad SAW, yang telah menyelamatkan kita dari zaman kesesatan menuju zaman yang penuh dengan nur iman seperti saat ini, dan yang akan kita nanti – nantikan syafaatnya di yaumul kiamah.
Teman – temanku yang berbahagia,
Yang terjadi di Indonesia pada masa ini sangat banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan hidupnya di tanggung oleh Negara, dengan cara menjadi pegawai negeri. Padahal tidak semua rezeki bertumpu pada pekerjaan itu. Dan pastinya jika kebanyakan masyarakat Indonesia menginginkan untuk menjadi pegawai negeri, maka lapangan pekerjaan di bidang itu akan semakin menyempit. Nah, untuk mengurangi penyempitan itu, bukankah masih ad pekerjaan dalam bidang lainnya? Semisal berwirausaha. Dan barang tentu dengan berwirausaha kita juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Oleh karenanya disini saya akan berpidto tentang langkah – langkah menjadi wirausahawan yang sukses.
Disini saya merangkum, langkah – langkah untuk menjadi wirausahawan yang sukses diperlukan 7 langkah, diantaranya yaitu:
Pertama, mempersiapkan diri pribadi.
Maksudnya disini, adalah seperti mempersiapkan mental dan niat. Dan hal ini harus dilakukan pertama kali.karena berawal dari sebuah niat suatu usaha akan terwujud. Kemudian mengapa harus mempersiapkan mental? Karena mental yang kuat sudah pasti akan siap menerima segala sesuatu yang kan terjadi kedepannya. Kemudian yang penting dalam memulai untuk berwirausaha adalah jangan berfikir tentang keuntungan yang akan diperoleh, melainkan berfikirlah mengenai resiko yang akan dihadapi. Seperti yang banyak wirausahawan sukses katakana, bahwa “jik siapuntung, maka harus siap rugi”.
Kedua, kemauan yang kuat utuk berhasil.
Dalam segala hal, jika seseorang menginginkan sesuatu pasti disertai kemauan yang kuat untuk mendapatkannya. Nah, hal inilah yang harus diterapkan dalam memulai menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Jika kita ingin sukses, tapi tanpa disertai dengan kemauan yang kuat sama saja dengan bohong. Karena kemaunan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan.
Ketiga. Selalu mengembangkan ide dan kreativitas.
Seperti apa yang pernah dikatakan ilmuan Einstein, beliau pernah mengatakan bahwa bakanlah ilmu yang menyebabkan seseorang berhasil, melainkan ide dan imajinasi!. Membangun usah tidaklah mudah, maka diperlukan ide – ide yang cemerlang yang harus kita kembangkan menjadi kreativitas yang tinggi. Kreativitas diperlukan dalam berwirausaha karena kreativits akan dapat menarik masyarakat untuk memperhatikan usaha kita. Suatu contoh kita mendirikan usaha mie ayam, maka untuk menarik minat pembeli kita harus membuat usah kita itu menarik dimata pembeli, mungkkin itu dengan cara memberinya nama yang unik atau mungkin lagi kita memasaknya dengan cita rasa tersendiri, dan sebagainya.
Keempat, kemauan untuk belajar.
Belajar adalah suatu proses dimana kita yang tadinya belum bias akan menjadi biasa dengan belajar. Oleh karenanya untuk menjadi wirausahawan yang sukses diperlukan proses belajar dari tahap terkecil. Karena tak mungkin seseorang dapat berhasil jika seseorang itu hanya menunggu keajaiban dan tanpa usaha atau belajar terlebih dahulu.
Kelima, membangun komunikasi dan jaringan pertemanan yang luas.
Hal ini diperlukan untuk memasarkan atau mempromosikan usaha kita. Dan bahkan mereka, teman – teman kita itu akan menjadi pelanggan bagi usaha kita. Maka dari itu semakin luas jaringan pertemanan kita semakin mudah bagi kita memprompsikan. Selain itu keramahan juga diperlukan, untuk menarik perhatian mereka yang mungkin akan menjadi calon – calon pelanggan bagi usaha kita.
Keenam, modal usaha.
Untuk berwirausaha, hanya usaha saja tanpa mengeluarkan modal juga sama saja bohong. Dan yang harus diperhatikan dalam modal usaha adalah jangan lngsung mengeluarkan modal yang langsung besar, mulailah dri yang kecil terlebih dahulu. Karena jika kita mengeluarkan modal yang langsung besar dan kita tidak bias memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, sudah tentu akhirnya akan menghasilkan kerugian. Dan menyebabkan mental kita down. Berbeda dengan jika kita memulainya dengan modal yang kecil, sekali kita gagal kita tidak akan langsung rugi banyak, dan kita akan cepat bangkit dan mempunyai kemampun untuk mencobanya kembali.
Dan yang terakhir yakni yang ketujuh adalah Do’a.
Maka tidaklah akan sempurna suatu usaha tanpa disertai do’a.

Teman – teman yang berbahagia.
Itulah tadi tujuh langkah awal menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tidak sulit bukan? Lalu tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba bukan? Karena seperti yang saya sampaikan di awal tadi, lapangan pekerjaan semakin menyempit. Dan dengan berwirausahai akan bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang bermanfaat.
Itulah tadi pidato dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua di waktu yang tepat. Dan apabila dalam menyampaikannya tadi ada salah kata dari saya, saya mohon maaf
Maka pidato ini akan saya tutup dengan karmina.

Mencuri minum, dilempari sepatu…
Wassalamu’alaikum wr wb.

12 comments:

  1. I believe that is one of the most vital info for me.
    And i'm glad studying your article. But want to observation on few general issues, The website taste is perfect, the articles is in point of fact excellent : D. Excellent job, cheers

    Also visit my homepage ... austria

    ReplyDelete
  2. Thanks for finally writing about > "CONTOH PIDATO" < Liked it!

    My website: germany

    ReplyDelete
  3. This is my first time visit at here and i am genuinely pleassant to read all at alone place.


    Here is my homepage ... vakantie frankrijk

    ReplyDelete
  4. Touche. Great arguments. Keep up the good spirit.


    my weblog: vacature arnhem

    ReplyDelete
  5. I write a leave a response each time I like a article on
    a website or if I have something to valuable to contribute to the discussion.
    Usually it's triggered by the passion communicated in the article I looked at. And on this article "CONTOH PIDATO". I was actually moved enough to drop a comment ;) I do have some questions for you if it's okay.
    Is it only me or does it look as if like a few of the responses appear as if they are left by brain dead people?

    :-P And, if you are writing on additional places, I'd like to follow you. Would you make a list every one of all your public sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

    Here is my webpage ... vakantiehuizen frankrijk huren

    ReplyDelete
  6. Excellent post but I was wanting to know if you could write a litte more on this subject?
    I'd be very thankful if you could elaborate a little bit more. Kudos!

    Feel free to visit my weblog ... france public holiday calendar

    ReplyDelete
  7. Very good post! We are linking to this great post on our site.
    Keep up the great writing.

    Review my blog post :: vakantiehuisjes huren

    ReplyDelete
  8. Nice post. I used to be checking continuously this blog and I am impressed!
    Very useful information specifically the final part :) I maintain such info much.
    I used to be seeking this certain info for a very lengthy time.
    Thank you and best of luck.

    Take a look at my page site

    ReplyDelete
  9. It's amazing for me to have a site, which is good designed for my know-how. thanks admin

    Also visit my homepage ... vakantiehuisje frankrijk

    ReplyDelete
  10. Hi there I am so excited I found your website, I really found you
    by mistake, while I was browsing on Google for something
    else, Regardless I am here now and would just like to say thanks a
    lot for a remarkable post and a all round enjoyable blog
    (I also love the theme/design), I don’t have time to read it all at
    the moment but I have saved it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the great jo.


    Visit my website: luxe vakantiehuis huren ()

    ReplyDelete
  11. What's up i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this article i thought i could also create comment due to this good article.

    Review my website - vakantiehuisjes in frankrijk

    ReplyDelete
  12. It's really an informative and well described post. I appreciate your topic for blogging. Thanks for sharing such a useful post.

    ReplyDelete